Jumat, 18 Agustus 2017

TEAM WORK

Oleh : Ir. Simon Dertha Tarigan, MT AU




Soft skill adalah kombinasi dari emotional skill dan sosial skill. Soft skill adalah profesional skill. Soft skill berhubungan dengan karakter. Untuk menjadi berhasil dalam pekerjaan tidak cukup hanya memiliki hard skill (technical skill). Tidak mungkin sebuah pekerjaan dilakukan, tanpa melibatkan banyak orang. Kita tidak akan mampu melakukan pekerjaan seorang diri, sekalipun kita memiliki kepintaran dan kemampuan. Keberhasilan suatu pekerjaan harus merupakan perjuangan bersama-sama antara pimpinan  dan bawahan, karena itu dibutuhkan kemampuan berkomunikasi dan bekerjasama, supaya pekerjaan selesai tepat waktu dan memiliki kualitas kerja yang baik. Karena itu tidak cukup hanya dengan memiliki hard skill supaya berhasil, tetapi kita membutuhkan soft skill yang baik juga. Sebaliknya jika kita hanya memiliki soft skill yang baik tanpa kemampuan hard skill juga tidak akan berhasil. Kita harus memiliki hard skill yang baik, kecuali kita memiliki panggilan kerja yang berbeda dari hard skill kita.
Team Work.
Team work menurut Scarnati adalah proses kerja  sama yang membuat orang yang biasa (ordinary people) mendapatkan hasil yang luar biasa  (extraordinary results) Mari kita membaca dari Lukas 5:17-26.  Jika kita hanya berbicara tentang tujuan tetapi tidak perduli dengan orang lain, itu bukan kerjasama. Orang-orang biasa akan dapat melakukan hal-hal yang luar biasa karena bekerjasama dengan orang-orang yang luar biasa. Keempat orang dalam perikop ini bekerjasama membawa orang lumpuh ini bertemu dengan Yesus, mereka memiliki tujuan yang sama.  Tuhan Yesus menghargai iman dan kerjasama mereka.Jika tujuan sama, maka pemikiran-pemikiran kreatif akan muncul. 1 Korintus 12:12 “Karena sama seperti tubuh itu satu dan anggota-anggotanya banyak, segala anggota itu sekalipun banyak merupakan satu tubuh”. Kita tidak diciptakan seperti superman yang bisa membasmi kejahatan sendiri tanpa bantuan orang lain. Bahkan Allah mendisain kita untuk menjadi satu team sebagai bentuk anggota-anggota tubuh, harus ada model untuk kerjasama, kita semua dapat dipakai untuk bekerjasama dengan potensi kita masing-masing.
Presiden Amerika  Lydon Jonson berkata “Tidak ada masalah yang tidak bisa dipecahkan jika bersama-sama dan sedikit sekali  masalah yang dapat dipecahkan sendiri” Mengapa Team work ini penting? Menurut buku Jesus on Leadership C Gene Wilkes adalah:
1.      Tim akan melibatkan banyak orang, dengan demikian lebih banyak sumber daya, energi daripada jika seorang diri. Ide-ide banyak (ide bisa datang dari orang-orang “bawah”), net work makin luas, kerugian juga bisa ditanggung bersama.
2.      Tim akan memaksimalkan potensi pemimpin dan menutupi kelemahannya.
3.      Tim akan memiliki banyak sudut pandang dalam mencapai tujuan dengan demikian bisa menemukan banyak alternatif dalam menyelesaikan masalah
4.      Tim akan saling berbagi kebanggaan dan juga kelemahan, kekalahan
5.      Tim menyelesaikan jauh lebih banyak dibandingkan dengan sendiri
Mengapa banyak juga orang yang lebih suka bekerja sendiri?
a.      Ego. Kerry Walls salah satu pendiri Injoy Group mengatakan “Memutar lebih banyak piring tidak membuat anda lebih berbakat tetapi malah membuat anda akan menjatuhkan lebih banyak piring”. Andrew Carnigie : “Menyadari bahwa orang lain bisa membantu melakukan pekerjaan yang lebih baik daripada yang anda kerjakan sendiri adalah langkah besar dalam pengembangan diri”
b.      Rasa tidak aman. Merasa terancam akan kehadiran orang lain, dapat membuat pemimpin lebih suka dikelilingi oleh orang-orang lemah daripada orang kuat. Presiden Woodrow Wilson :”Kita seharusnya tidak hanya menggunakan semua kemampuan otak kita, tetapi kemampuan semua otak yang mampu kita pinjam”
c.       Kenaifan : orang yang meremehkan kesulitan dan menganggap dapat melakukan semuanya sendiri. Jika melakukan sekali lagi, saya akan minta tolong (Jhon Ghegan)
d.      Temperamen. Tidak terlalu ramah dan tidak pernah berniat membangun team. Ketika menghadapi tantangan, tidak pernah ingin melibatkan orang lain. “Orang yang dikenal mencapai hasil yang lebih adalah orang bekerjasama dengan orang lain, bukan melawan orang lain”(Dr.Allan Frome)
Potensi yang besar bisa menjadi masalah jika tidak dibangun. Team itu perlu perjuangan, kerendahan hati, proses.
Keberhasilan suatu team work tergantung kepada :
1.      Komitmen untuk membawa team sukses dan membagikan tujuan. Semua anggota team komit terhadap tujuan bersama dan setiap anggota team memiliki kemampuan yang jelas untuk memahami tujuan bersama. Pelatih Rugby Paul Bear Bryant “Untuk meraih kemenangan, team harus memiliki rasa persatuan. Setiap pemain harus mendahulukan team lebih dari tujuan pribadi”
2.      Saling ketergantungan. Semua anggota team saling ketergantungan dalam memberikan kontribusi untuk kepentingan team, lebih dari kepentingan pribadi. Hal ini akan membawa team mencapai hasil jauh dari yang dipikirkan.
·  Seseorang tidak akan sukses kalau anggota yang lain gagal
·  Semua anggota team harus saling bekerjasama di dalam mencapai tujuan
·  Semua saling membantu untuk meningkatkan kemampuan anggota yang lain
3.      Kemampuan berdiskusi/berkomunikasi antara team:
·  Semua anggota team harus saling perduli satu dengan yang lain
·  Semua anggota team harus saling membantu dan saling mendukung
·  Semua anggota team harus saling percaya
·  Semua anggota team harus saling menghormati
4.      Mengembangkan komunikasi yang terbuka :
·  Semua anggota team memberi dan menolak bukan dalam rangka mempertahankan diri
·  Semua anggota team mau saling mendengarkan
·  Memberi ruang untuk saling berdiskusi antara sesama anggota
·  Menghadapi perbedaan dan mampu bekerja dalam perbedaan
5.      Tunduk kepada aturan main : anggota team harus mengikuti aturan main “rule of game” yang telah ditetapkan
6.      Team harus memiliki komposisi yang ideal(sesuai dengan keahlian) :
·  Harus ada relasi  yang jelas antara sesama anggota team
·  Harus ada tanggung jawab yang jelas antara sesama anggota team
·  Perbedaan bukan untuk menghambat tapi memperkaya
7.      Komit terhadap proses, kepemimpinan dan keterbukaan :
·  Membiasakan membuat keputusan berdasarkan hasil konsensus, kesepakatan, melalui diskusi. Tidak mengambil keputusan sendiri
·  Anggota team harus menghargai, menghormati kepemimpinan yang ada
·  Mendorong partisipasi, konsensus
·  Terbuka terhadap perubahan, inovasi dan kreatifitas

Bisa saja banyak “duri-duri” dalam team work, kuasa Tuhanlah yang mengubahkan. Adalah baik ketika orang-orang dalam team mendapatkan manfaat dalam bekerjasama sehingga mereka bergerak dalam arah yang sama untuk satu tujuan. Team work itu harus dibangun dan diperjuangkan. 






SOLIDEO GLORIA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tema Unggulan

Mempersiapkan PERKAWINAN

Oleh : Drs. Tiopan Manihuruk, MTh Perjalanan masa pacaran yang langgeng akan terlihat dari: bertumbuh dalam iman dan karakter (jika...